Detail Berita

Dinkes Gelar Pelatihan Budaya Pelayanan Prima



Guna meningkatkan kemampuan Petugas Keamanan (satpam) dan Front Office Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Pelatihan Budaya Pelayanan Prima (Excellent Service) di Ruang Rapat PSC 119 Dinkes Muba, Kamis (24/06/21).

Kepala Dinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS yang diwakili oleh Kasubbag Hukum, Kepegawaian dan Umum Jun Indra, SKM membuka pelatihan tersebut. Dalam arahannya mengatakan bahwa pelayanan prima merupakan pelayanan yang memenuhi standar kualitas dimana pelayanan tersebut dapat memenuhi harapan /kepuasan masyarakat.

Lanjutnya, peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 2 orang petugas keamanan, 5 orang petugas puskesmas dan 16 orang staf Dinas Kesehatan. Dengan mendatangkan narasumber dari Bank BRI Cabang Sekayu dengan metode pelatihan penyampaian materi dari narasumber dilanjutkan dengan praktek lapangan.

“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan terjadinya perubahan sikap mental, perilaku, wawasan didalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai petugas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mampu memberikan kepuasan kepada pengunjung”, ungkapnya.

Narasumber dari BRI Merlin Firgiyanti pada paparannya menjelaskan untuk membentuk pelayanan yang prima dimulai dengan SMART yaitu Sigap, Mudah, Akurat, Ramah dan Terampil.
“Sigap dalam melayani dengan cepat tanggap sehingga tidak perlu menunggu lama, Mudah dalam memberikan penyelesaian permasalahan, Akurat untuk menyediakan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan, Ramah dalam memberikan pelayanan dengan tutur kata yang santun, antusias, empati dan bersemanagat sesuai dengan bidang tugasnya serta melayani dengan setulus hati dan professional, Terampil dengan memiliki pengetahuan dan ketangkasan dalam bidang tugasnya”, jelasnya.



Share This: