Detail Berita

Perkuat Kompetensi SDM Kesehatan dalam Pelayanan Publik, Dinkes Muba Gelar Bimtek



SEKAYU, MUBA - Guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pelayanan publik serta untuk menguatkan kompetensi sumber daya manusianya, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Bimbingan Teknis Pelayanan Publik pada Senin (27/5/2024) yang diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan sebagai tim penilai penilaian publik mandiri, 29 Puskesmas dan 2 RSUD. 

Kegiatan Bimtek turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Azmi Dariusmansyah, Sekretaris Dinas Kesehatan Jonadi, SKM., M.Kes, Kabid Pelayanan Kesehatan Yettria, SKM., M.Si, Kabag Organisasi Setda Hj. Nurzahrawati, S.Pd., MT, Kasubbag HKU Mery Delpi, SKM., M.Kes, Pejabat Fungsional dan Para Tim Penilaian Pelayanan Publik Mandiri.

Materi Bimtek diberikan langsung oleh narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Hendrico, SH. LCA bersama tim yang diikuti oleh seluruh petugas pelayanan publik dari Dinas Kesehatan, Puskesmas sampai Rumah Sakit. 

Dalam paparannya, Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi  Ombudsman RI Sumatera Selatan, Hendrico, SH., LCA menyampaikan pemahaman awal kepada peserta terkait tugas pokok dan kewenangan Ombudsman RI dalam pengawasan terhadap pelayanan publik, lingkup dan jenis pelayanan publik, standar pelayanan, serta beberapa gambaran tentang tindakan maladministrasi, agar dapat dipedomi oleh para petugas di lapangan, dalam memberikan pelayanan publik prima. 

"Tidak cukup hanya menyediakan sarana kebutuhan pelayanan, kompetensi petugas dalam melayani dan mengelola pengaduan masyarakat juga perlu mendapat perhatian, menepis sikap arogansi petugas berdampak pada jalannya pelayanan publik yang lebih dipercaya masyarakat, hasilnya maka partisipatif publik akan meningkat dan tentunya akan meminimalisir terjadinya tindakan maladministrasi," papar Hendrico

Bimtek ini digelar secara tatap muka langsung dan daring via zoom meeting, dengan di ikuti oleh 93 peserta dari Rumah Sakit dan Puskesmas beserta 20 Peserta dari Tim Penilaian Mandiri Pelayanan Publik Dinas Kesehatan. Hal ini tentunya menunjukkan semangat kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang kesehatan. 

Diharapkan, melalui kegiatan ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan pemenuhan komponen standar pelayanan publik secara efektif dan transparan, sehingga masyarakat dapat memperoleh layanan yang lebih baik dan terjangkau.



Share This: