Detail Berita

Selamat! 2 Puskesmas di Muba Raih Predikat A (Zona Hijau) Dari Ombudsman RI



SEKAYU, MUBA - Membanggakan, 2 Puskesmas di Musi Banyuasin yakni Puskesmas Lais dan Puskesmas Balai Agung menerima secara langsung piagam penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

Penyerahan ini berlangsung di Auditorium Pemkab Muba pada Rabu, (7/2/2024). Hadir juga Pj. Bupati Musi Banyuasin yang diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Safaruddin, M.Si, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan M. Adrian Agustiansyah, S.H., M.Hum, Kabbag Organisasi dan Biro Tata Laksana,  6 Kepala OPD dan 2 Kepala Puskesmas yang menjadi Lokus Penilaian.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, M. Adrian Agustiansyah menyampaikan penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik didasarkan Perundang - undangan. 

Adrian menjelaskan, pada Agustus - November 2023 Ombudsman RI Perwakilan Sumsel telah melakukan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Musi Banyuasin dengan menyasar tujuh unit layanan. Di antaranya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Puskesmas Balai Agung dan Puskesmas Lais.
 
Kabupaten Musi Banyuasin dari hasil penilaian kepatuhan pelayanan publik mengalami peningkatan dari Tahun 2022 dari Peringkat 9 Se-Sumsel menjadi Peringkat ke 4 dengan nilai 91,72 Kategori A terbaik (Zona Hijau) Tahun 2023. 

Sementara dalam sambutannya, Plt. Kepala Organisasi dan Biro Tata Laksana menyampaikan Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan predikat penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik dengan Kategori A atau Zona Hijau dari hasil Survey Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2023 ini, tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi, serta sinergi antara seluruh instansi pemerintah. 

Berdasarkan hasil penilaian ini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas Kepatuhan Pelayanan Publik serta terus melakukan Evaluasi dan upaya perbaikan di Internal. 

“Apresiasi ini juga merupakan bukti konkret bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus memperbaiki diri untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Dari Hasil penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik yang dilakukan pada survey Ombudsman Republik Indonesia  pada perangkat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Puskesmas Lais peringkat ke 3 dengan nilai 91,47 berada pada kategori A (Zona Hijau) Kualitas terbaik disusul dengan Puskesmas Balai Agung di peringkat 4 dengan nilai 91,34 pada kategori A (Zona Hijau) dengan kualitas terbaik. 

Tentu saja, anugerah ini menjadi suatu kebanggaan dan memotivasi jajaran puskesmas untuk berbuat yang lebih baik lagi atas penghargaan yang sudah diraih. Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Azmi Dariusmansyah mengapresiasi puskesmas yang sudah melakukan upaya terbaik dalam meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan sehingga berhasil mendapatkan hasil yang maksimal. 

“Oleh karena itu, saya berharap penghargaan ini menjadi penyemangat dan menjadi motivasi kepada semua pegawai Puskesmas Balai Agung dan Puskesmas Lais untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”jelasnya.



Share This: