Berita Foto Selengkapnya

Gencarkan Program Phbs, Muba Maksimalkan Peranan Layanan Kesehatan Masyarakat

12 September 2019 | 17:43 WIB | Dibaca 19 kali

 

SEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus menggencarkan program Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS).

 

PHBS sendiri merupakan perilaku yang berkaitan dengan upaya seseorang yang mempertahankan dan meningkatkan kesehatan.


"Ini tantangan bagi kita agar pembangunan kesehatan merata sampai ke desa. PHBS merupakan program yang sangat baik merubah perilaku masyarakat untuk hidup dengan pola sehat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah saat diwawancarai Tim Antara News, Kamis (12/9/2019).


Menurut Azmi, perilaku masyarakat saat ini sudah cukup baik, namun masih perlu peningkatan. "Kita juga ada program Gerakan Masyarakat (Germas), itu juga dilakukan pendekatan kepada masyarakat dan banyak manfaatnya," kata dia.


Agar program PHBS dalat berjalan dengan baik, selain edukasi kepada masyarakat, sambung Azmi, pihaknya pula membangun berbagai tempat pelayanan kesehatan, saat ini telah ada 28 Puskesmas, 278 Poskesdes, dan 113 pustu yang tersebar di 15 kecamatan.

"Di Muba juga ada 3 RSUD, ini komitmen Bupati kita untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

 

Dia mengatakan, perda larangan merokok juga telah diterapkan, salah satu tujuannya untuk menerapkan pola hidup sehat. Serta telah adanya deklarasi Muba Bebas Pasung.

"Ada juga sanitasi total berbasis masyarakat, ini diterapkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan di dalam PHBS juga ada edukasi mengenai larangan buang air besar sembarangan. Lalu pemeriksaan berkala seperti hipertensi, diabetes, dan kolestrol," katanya.

Berita Lainnya

Tingkatkan Produktivitas Pegawai, Pemkab Muba Sediakan Klinik Kesehatan Di Gedung Setda

12 September 2019 | 17:43 WIB

 

SEKAYU - Setelah ditetapkan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) salah satu dari tiga kabupaten di Indonesia sebagai daerah percontohan komunitas Hidup Sehat untuk pencegahan penyakit tidak menular (PTM) oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Pemkab Muba terus gencar melakukan upaya preventif.

 

Terbukti [...]

Stand Dinkes Muba Raih Juara Terbaik Iii

12 September 2019 | 17:43 WIB

 

Muba Expo 2019 yang berpusat di lapangan Terminal Randik Sekayu pada 28 September sampai dengan 4 Oktober 2019 ditutup oleh Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Ir Yusman Sriyanto, MT, Jum’at (04/10/19)

Dinkes Muba Bagikan Masker Gratis Lindungi Warga Dari Debu Dan Asap

12 September 2019 | 17:43 WIB

Mengingat musim kemarau yang mengakibatkan polusi udara dari debu jalanan serta asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) membagikan masker secara gratis kepada masyarakat yang melintas di Jalan Kolonel Wahid Udin tepatnya di Depan [...]

Kadinkes Muba Menjadi Pembina Upacara

12 September 2019 | 17:43 WIB

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dr H Azmi Dariusmanysah, MARS menjadi pembina upacara di Halaman Kantor Dinkes  Kabupaten Muba, Senin (02/09/19).

 

Pada arahannya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas upacara, [...]

Sosialisasi E – Claim Primer Fktp Kabupaten Muba

12 September 2019 | 17:43 WIB

 

SEKAYU – Dalam rangka penerapan E-Claim Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), BPJS Cabang Kabupaten Muba melaksanakan Sosialisasi E-Claim Primer FKTP kepada Puskesmas, Klinik dan dokter prakter perorangan di ruang rapat Dinkes Muba, Kamis [...]

Kembali