Berita Selengkapnya

Dinkes Muba Gelar Workshop Pemahaman Siap

02 Desember 2019 | 19:43 WIB | Dibaca 8 kali


SEKAYU – Guna Meningkatkan Pengetahuan dan kemampuan tentang Standar dan Instrumen Akreditasi terbaru, Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas (SIAP I) di Wisma Atlet Sekayu, Senin (02/12/19).

Pertemuan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dr H Azmi Dariusmansyah, MARS diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Muba Candra, SKM, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa akreditasi adalah pengakuan terhadap fasilitas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri setelah dinilai bahwa FKTP tersebut telah memenuhi standar akreditasi.

Lanjutnya, sampai saat ini seluruh puskesmas dalam wilayah kabupaten Musi Banyuasin telah terakreditasi dengan hasil yang bervariasi dari strata dasar hingga utama. Pada tahun depan 10 (sepuluh) puskesmas akan melaksanakan Survei Re- Akreditasi.

“Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih jelas tentang standar dan instrumen terkait dengan kriteria akreditasi yang ditetapkan. Dan kepada seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti workshop ini dengan baik dari awal hingga selesai pelaksanaan dan bisa menerapkannya di puskesmas tempat bertugas masing – masing sehingga dokumen akreditasi dapat tersusun dengan baik dan tertib sesuai standar akreditasi yang telah ditetapkan”, harapnya.

Ketua panitia pelaksana dr Ichsan Nur Hamdan dalam laporannya mengatakan Workshop Pemahaman Standar dan Instrumen Akreditasi Puskesmas (Siap I) Tahun 2019 yang berlangsung di Wisma Atlet Sekayu diikuti oleh 52 orang peserta dari 10 Puskesmas yang akan melaksanakan Re Akreditasi pada Tahun 2020 dan Tim Pendamping Akreditasi FKTP dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.
“Tujuan pertemuan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Puskesmas dan Pendamping tentang Standar dan Instrumen Akreditasi terbaru”, paparnya


Kembali