Berita Selengkapnya

Gencarkan Program Phbs, Muba Maksimalkan Peranan Layanan Kesehatan Masyarakat

12 September 2019 | 17:47 WIB | Dibaca 9 kali

 

SEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus menggencarkan program Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS).

 

PHBS sendiri merupakan perilaku yang berkaitan dengan upaya seseorang yang mempertahankan dan meningkatkan kesehatan.


"Ini tantangan bagi kita agar pembangunan kesehatan merata sampai ke desa. PHBS merupakan program yang sangat baik merubah perilaku masyarakat untuk hidup dengan pola sehat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah saat diwawancarai Tim Antara News, Kamis (12/9/2019).


Menurut Azmi, perilaku masyarakat saat ini sudah cukup baik, namun masih perlu peningkatan. "Kita juga ada program Gerakan Masyarakat (Germas), itu juga dilakukan pendekatan kepada masyarakat dan banyak manfaatnya," kata dia.


Agar program PHBS dalat berjalan dengan baik, selain edukasi kepada masyarakat, sambung Azmi, pihaknya pula membangun berbagai tempat pelayanan kesehatan, saat ini telah ada 28 Puskesmas, 278 Poskesdes, dan 113 pustu yang tersebar di 15 kecamatan.

"Di Muba juga ada 3 RSUD, ini komitmen Bupati kita untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

 

Dia mengatakan, perda larangan merokok juga telah diterapkan, salah satu tujuannya untuk menerapkan pola hidup sehat. Serta telah adanya deklarasi Muba Bebas Pasung.

"Ada juga sanitasi total berbasis masyarakat, ini diterapkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan di dalam PHBS juga ada edukasi mengenai larangan buang air besar sembarangan. Lalu pemeriksaan berkala seperti hipertensi, diabetes, dan kolestrol," katanya.

Kembali