Berita Selengkapnya

Sosialisasi E – Claim Primer Fktp Kabupaten Muba

29 Agustus 2019 | 16:03 WIB | Dibaca 6 kali

 

SEKAYU – Dalam rangka penerapan E-Claim Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), BPJS Cabang Kabupaten Muba melaksanakan Sosialisasi E-Claim Primer FKTP kepada Puskesmas, Klinik dan dokter prakter perorangan di ruang rapat Dinkes Muba, Kamis (29/08/19)

 

Kepala Dinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS saat membuka acara itu mengucapkan terima kasih kepada BPJS karena telah memfasilitasi sosialisasi ini, saya berharap sosialisasi ini dapat bermanfaat dalam memberikan pelayanan yang baik, cepat dan bermutu.

 

“Untuk itu dihimbau kepada peserta sosialisasi ini dapat mengikuti dengan seksama dan berberan aktif untuk bertanya dan diskusi terhadap kendala yang ada di lapangan sehingga dapat mencari solusi dari kendala tersebut”, harapnya

 

Kepala Cabang BPJS Kabupaten Muba Bayu Saputra menjelaskan bahwa Digitalisasi Klaim Non Kapitasi atau yang selanjutnya disebut e-claim primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta secara digital.

 

“Beberapa manfaat dari implementasi E-Claim Primer bagi FKTP adalah memudahkan pengajuan klaim, meminimalisir berkas klaim, meningkatkan kepastian pembayaran klaim oleh FKTP dan FKTP memiliki catatan riwayat pelayanan peserta secara digital. Sedangkan bagi BPJS Kesehatan, E-Claim Primer bermanfaat untuk mempercepat proses verifikasi, memastikan pembayaran pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien serta meningkatkan akuntabilitas,” terang Bayu.

Selain manfaat bagi FKTP dan BPJS Kesehatan E-Claim Primer juga bermanfaat bagi peserta yaitu kontinuitas pelayanan kesehatan.

 

Bayu juga mengatakan pada bulan Agustus ini E-Claim Primer merupakan tahap sosialisasi dan akan diimplementasikan pada bulan September 2019.

Kembali