Berita Selengkapnya

Guna Cegah Dbd, Dinkes Bersama Camat Sekayu Giat Lakukan Psn Hingga Foging

03 Desember 2018 | 15:15 WIB | Dibaca 64 kali

SEKAYU ,MPI – Musim hujan yang tengah berlangsung saat ini membuat masyarakat khususnya warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) harus lebih waspada terhadap serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).



Kemarin, Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba melakukan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) hingga Fogging. Adapun lokasi yang dilakukan PSN dan fogging meliputi, jalur satu Kelurahan Kayuara 2 titik, depan Kantor Pos Sekayu dan Perumahan Selarai Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu.



Plt Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariuansyah mengingatkan, upaya pemberantasan penyakit DBD harus terintegrasi mulai dari pencegahan, penemuan penderita, pengamatan penyakit, penyelidikan epidemiologi, penanggulangan, dan penyuluhan kepada masyarakat.



Selain itu, dilakukan pula penggerakan masyarakat melalui program 3M Plus (Menutup wadah penampungan air, Mengubur atau membakar barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk, dan Menguras atau mengganti air di penampungan air). Serta menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk oles, menggunakan kelambu saat tidur dan menaburkan bubuk larvasida.


“Pemerintah dan masyarakat harus kerjasama dalam penanganan kasus demam berdarah ini, dengan semaksimal mungkin pemerintah melakukan upaya pengendalian DBD dengan cara fogging,dan fogging juga tidak akan efektif jika masyarakat tidak melaksanakan 3M Plus, “ujarnya.



Lanjut Kadinkes, Untuk itu, langkah yang perlu dilakukan masyarakat adalah membiasakan diri menjaga sanitasi lingkungan dan tempat tinggal tetap bersih dan sehat. Hal ini merupakan kunci dalam pengendalian terhadap bahaya demam berdarah.


Sementara itu turut ikut serta di lapangan, Camat Sekayu, Marco Susanto SSTP MM menyampaikan, “Mewakili masayarakat Kecamatan Sekayu, kami menyambut baik reaksi cepat yg dilakukan Dinkes Muba dalam memutus mata rantai penularan DBD di wilayah Kecamatan Sekayu, sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing, agar senantiasa bersih memperhatikan 3 M terutama saat musim penghujan ini,”ujarnya.



Salah satu Toko Masyarakat, Zaenal (55) warga Kelurahan Kayuara mengatakan, “Kami mengucapkan terimakasih pada pemerintah,khususnya Dinas Kesehatan Muba dengan sigap telah melakukan penyemprotan nyamuk demam berdarah,kami juga akan segera melukukan pembersihan dan melekukankan pemberantasan sarang nyamuk mengigat sekarang sudah memasuki musim penghujan, “ucapnya.

 

Sumber : https://mediapatriot.co.id

Kembali